Kerukunan PPDS IPD 
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Click here to edit subtitle

News

Lepas Sambut Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Maret 2013

Posted by Saskia Aziza on April 20, 2013 at 9:50 PM

Di penghujung bulan Maret 2013, tepatnya pada 27 Maret 2013, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM melaksanakan Lepas Sambut Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Seperti periode sebelumnya, acara ini terdiri atas “Pelantikan Lulusan Dokter (PLD) Spesialis Penyakit Dalam” yang disandingkan bersama “Penyambutan Rresiden Baru Departemen Ilmu Penyakit Dalam”. Tak kurang dari 18 dokter Spesialis Penyakit Dalam baru yang dilepas dan 19 residen baru diperkenalkan secara resmi dalam acara ini.



Bertajuk “A Walk to Remember”, acara ini mengusung tema teater dan film layaknya sebuah pertunjukan yang diharapkan dapat selalu dikenang. Karpet, tirai merah, dan lampu menghiasi Ruang Kuliah Penyakit Dalam dan sekitarnya. Para PPDS baru Januari 2013 juga menyesuaikan diri dengan busana hitam formal, menyambut kehadiran para wisudawan dan tamu sekalian. Lampu padam saat ‘pembukaan tirai’ dan acara pun resmi dibuka oleh kedua pembawa acara, dr. Virly dan dr. Henry.

Image Hosted by ImageShack.usPara wisudawan: dr. Adi Surya Komala, SpPD, dr. Andree Kurniawan, SpPD, dr. Anugrahini, SpPD, dr. Dewi Martalena, SpPD, dr. Dolly Dolven Kansera, SpPD, dr. Eka Widya Khorinal, SpPD, dr. Eric Daniel Tenda, SpPD, dr. Ferry Tigor, SpPD, dr. Margaret Merlyn Tjiang, SpPD, dr. RM Suryo Anggoro Kusumo Wibowo, SpPD, dr. Salman Paris Harahap, SpPD, dr. Saut Horas Hatoguan Nababan, SpPD, dr. Shirly Elisa Tedjasaputra, SpPD, dan dr. Vidhia Umami, SpPD, muncul dari balik panggung dan menyerahkan sekuntum bunga mawar sebagai rasa cinta, hormat dan terima kasih kepada orang-orang yang paling mereka cintai yang hadir saat itu. Rasa haru, gembira, dan bangga bercampur menjadi satu dan terpancar dari para wisudawan dan keluarga. Pada acara ini, dr. Indah Fitriani, SpPD, dr. Jane Estherina Fransiska, SpPD, dr. Malikul Chair, SpPD, dan dr. Nata Pratama Hardjo Lugito, SpPD tidak dapat hadir dikarenakan embanan tugas. Semua tamu yang hadir kemudian diajak menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama sebagai rasa hormat kepada bangsa, dan acara dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh dr. Rahmat Cahyanur selaku Ketua Kerukunan PPDS IPD, dr. Aida Lydia, PhD., SpPD, K-GH, FINASIM sebagai Kepala Program Studi Sp-1 IPD, Dr. dr Imam Subekti, SpPD, K-EMD, FINASIM selaku Kepala Departemen IPD FKUI/RSCM, dan dr. Czeresna Heriawan Soejono, SpPD, K.Ger., M.Epid, Direktur Utama RSCM.

dr. Dewi Martalena, SpPD sebagai perwakilan wisudawan tidak lah memberikan kata sambutan biasa, melainkan sebuah puisi bertajuk ‘Sepenggal Cinta dan Bakti dari Kami’ yang sangat menyentuh, air mata haru pun menitik tidak hanya dari para wisudawan dan keluarga, namun juga tamu lainnya. Setelahnya, perwakilan para wisudawan yaitu dr. Eric Daniel Tenda, SpPD, dr. RM Suryo Anggoro Kusumo Wibowo, SpPD dan dr. Vidhia Umami memberikan karangan bunga sebagai ucapan terima kasih kepada staf pengajar yang diwakilkan oleh dr. Aida Lydia, PhD., SpPD, K-GH, FINASIM, Dr. dr Imam Subekti, SpPD, K-EMD, FINASIM dan Prof. Dr. dr. Suhardjono, SpPD-KGH, Kger.

Image Hosted by ImageShack.us

Acara selanjutnya adalah perkenalan PPDS Ilmu Penyakit Dalam periode Januari 2013, diiringi dengan pengucapan janji residen dan penyematan pin pada perwakilan dari PPDS baru. Persembahan wisudawan yang menjadi acara selanjutnya adalah video klip kaleidoskop kehidupan para wisudawan selama menjadi PPDS di Departemen Ilmu Penyakit Dalam. Diiringi parodi lagu Kapan Lulusnya (Panah Asmara, Afgan), Separuh Ibu-Ibu separuh PPDS (Separuh aku, Noah) dan Benar Benar Susah (Salah Benar, 3 komposer), persembahan ini memancing gelak tawa dari seluruh hadirin. Di penghujung acara, PPDS baru periode Januari 2013 mempersembahkan pertunjukan berjudul ‘A Walk to Remember’.

Image Hosted by ImageShack.us

Sesuai judulnya, ‘A Walk to Remember’ menggambarkan kehidupan PPDS Ilmu Penyakit Dalam. Dibuka oleh lagu “Tak Terkalahkan”, jatuh bangun kehidupan para residen pun dibuka. Dari jaga malam, begadang, ronde pagi, Code Blue, sampai nasib ala Bang Toyib dan putus cinta karena tugas sebagai residen ditampilkan. Pada akhirnya, pesan yang disampaikan oleh persembahan kali ini adalah jangan lah menyerah karena selalu ada teman-teman yang akan membantu kita, dan seluruh pengalaman itu akan menjadi kenangan indah yang tidak terlupakan, seperti “Ingatlah Hari Ini” yang ditampilkan di penghujung persembahan kali ini. Yang unik dari persembahan kali ini adalah seluruh lagu dinyanyikan sendiri oleh para PPDS baru, diiringi oleh tarian sesuai lagu tersebut, namun dengan dialog yang minim. Hampir setiap segmen mengundang gelak tawa hadirin, dari PPDS geregetan sampai para PPDS Jomblo, Tapi mungkin yang paling sulit dilupakan adalah Bang Oma dan “2014”-nya yang muncul di mana-mana. Setelah gelak tawa reda, Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh dr. Eka Ginanjar, SpPD dan dilanjutkan dengan acara makan siang bersama. Semoga seperti judulnya, A Walk to Remember dapat menjadi suatu kenangan yang akan selalu diingat. Regina

Categories: None

Post a Comment

Oops!

Oops, you forgot something.

Oops!

The words you entered did not match the given text. Please try again.

Already a member? Sign In

0 Comments